Pesan untukmu,,,

“Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun ? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.” (Anak Semua Bangsa-Pramudya Ananta Toer)

Senin, Januari 28, 2013

Risalah dari Langit








“The Message” merupakan salah satu film yang menceritakan sejarah perkembangan Islam sejak awal kemunculannya di tanah Arab, di antara penduduk Mekkah. Film dimulai dengan penggambaran kondisi kota Mekkah saat-saat menjelang kenabian. Mekkah masih merupakan sebuah kota yang penuh dengan budaya jahiliyah. Berhala-berhala masih disembah dan tersebar mengelilingi dan di dalam Ka’bah.
Masa kenabian Rasul mengubah semuanya. Peringatan untuk menghapus budaya-budaya jahil diserukan untuk dihapuskan. Kaum Arab Mekkah tidak tinggal diam. Beberapa sahabat yang terang-terangan memproklamirkan diri sebagai muslim mendapat siksaan bertubi-tubi. Film ini memperlihatkan cara meninggalnya syahid-syahidah pertama dalam Islam, yakni Sumayyah dan Yasseer, orang tua Amr bin Yasseer.
Film ini menceritakan juga tentang sejarah hijrah pertama kaum muslim ke Abisinia. Hijrah kaum muslim tersebut dilakukan agar kaum muslim selamat dan terbebas dari penyiksaan dan tindak keji lainnya yang dilakukan oleh kaum kafir Quraisy di Mekkah. Hijrah ini memperlihatkan proses diplomasi yang cerdas yang dilakukan oleh sahabat Rasul, Ja’far bin Abu Bakar.
Hijrah kedua ke kota Yastrib (Madinah) juga diceritakan dalam film ini. Hijrah ini menjadi awal kemenangan bagi Islam dan dijadikan awal penanggalan dalam tahun Islam (Hijriah). Perpindahan ke Madinah membawa angin segar dan semangat baru bagi perjuangan kaum muslimin. Di madinah, seruan untuk memerangi kaum kafir mulai diserukan.
Dua perang yang memulai perjuangan kaum muslim secara fisik adalah Perang Badar dan Perang Uhud. Kemenangan besar diraih oleh kaum muslim dalam perang Badar. Kecerdasan strategi dan ketaatan umat kepada Rasul membuat kaum muslim menang. Namun, tidak demikian dengan perang Uhud. Perang Uhud merupakan salah satu contoh kekalahan yang dialami muslim jika melanggar ketentuan yang telah ditetapkan oleh Rasul-Nya.
Film ini ditutup dengan peristiwa Fathu Makkah, yakni peristiwa kembalinya kaum muslim ke kota Mekkah. Peristiwa ini juga menandai dimulainya dakwah ke luar tanah Arab yang dimulai dari Bizantium dan Persia. Suasana khidmat dan haru berhasil digambarkan oleh film ini saat peristiwa Fathu Makkah terjadi. Tentang masyarakat Arab yang aman dari serangan kaum muslim, tentang Bilal yang kemudian menaiki dinding Ka’bah dan mengumandangkan azan dengan lantang dari puncaknya. Subhanallah, indahnya Islam!

Tidak ada komentar: